Kue Ongol Ongol Tepung Hunkwe - cemilankekinian.eu.org

Latest

Aset Resep : Temukan ide masakan, makanan dan minuman yang sempurna untuk setiap acara, dari makan malam di malam hari kerja hingga pesta liburan.

Februari 03, 2021

Kue Ongol Ongol Tepung Hunkwe

Cemilankekinian,Eu.Org-Kue Ongol Ongol  Tepung Hunkwe. Ongol-ongol adalah kue tradisional ciri khas Jawa Barat. Jajanan pasar ini termasuk murah dan nikmat dikonsumsi sebagai teman minum teh atau kopi.

Mumpung sedang work from home serta social distancing, sobat dapat membuat sendiri di dalam rumah. Bahan untuk bikin ongol ongol pun mudah didapatkan dan langkah membuat nya pun tidak sulit.


Kulineran yang tersedia banyak di pasar tradisional ini termasuk murah dan mudah diketemukan. Ongol-ongol ini biasanya dibuat dari sagu atau tepung tapioka, tetapi ada pula yang berkreasi berbahan singkong. Bahkan juga sekarang ada pula ongol-ongol yang dibuat berbahan tepung hunkwe, dan kombinasi yang lain.

Ternyata membuat kudapan ini sangat mudah dan praktis, cukup hanya mengukusnya saja. Buat kalian yang kangen kudapan legit ini, langsung bisa membuatnya sendiri.

Berikut resep dan cara membuat kue ongol-ongol, nikmat, simpel, halus, mudah dan praktis,

Resep Kue Ongol Ongol Tepung Hunkwe

Bahan bahan :

  • 125 gram tepung hunkwe

  • 250 ml air

  • 100 ml air

  • 125 gram gula merah

  • 25 gram gula pasir

  • 1/4 sdt garam

  • 1 lembar daun pandan

Bahan Taburan Kue Ongol Ongol

  • 1/2 butir Kelapa muda parut memanjang

  • 1/4 sdt garam

Cara Buat Kue Ongol Ongol Dari Tepung Hunkwe

  1. Kukus kelapa dan garam kurang lebih 30 menit sampai matang. Angkat dan sisihkan.

  2. Masukkan tepung hunkwe dan 250 ml air kedalam bowl, kemudian aduk sampai larut, sisihkan.

  3. Masak 100 ml air, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan sampai hangat, kemudian angkat dan saring.

  4. Masak kembali air gula sampai mendidih. Tuang air tepung hunkwe sambil diaduk- aduk hingga mengental dan matang. Angkat dan masukkan dalam loyang. Dinginkan.

  5. Potong ongol-ongol yang sudah dingin sesuai dengan selera, gulingkan ongol-ongol ke dalam taburan kelapa yang telah dikukus. Sajikan.

Untuk rasa manis dapat disamakan dengan selera.Tips setelah itu dalam menentukan gula merah.Bila sobat inginkan warna ongol ongol lebih gelap jadi pilihlah gula merah dari aren berwarna cukup kehitaman dibanding dengan gula merah dari kelapa ia lebih coklat muda.Jika saya sih cenderung pilih yang aren ya Sob sebab lebih harum dan berwarna lebih kuat.

Ongol ongol sebagai kue jajanan pasar prospeknya dapat disebut cukup menjanjikan.Tidak perlu modal yang besar tidak perlu perlengkapan yang aneh aneh langkah pembikinannya cukup cepat dan mudah.Benar-benar bagus buat sobat yang lagi cari usaha atau jualan sampingan.Selamat mempraktikkan resep kue ongol ongol mudah-mudahan sukses acara mengolahanya dan jadi resep favorite keluarga di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar